Galeri

Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional

sumber : http://www.dikti.go.id/

Pedoman Operasional PAK Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen (Surat Edaran 71936/A4/KP/2011 )

Oleh Webmaster – 15 January 2012 | 0 View

Dalam rangka peningkatan kualitas jabatan akademik dosen, beberapa persyaratan khusus dan penyesuaian kembali besarnya nilai angka kredit untuk bidang-bidang tertentu telah pula dilakukan melalui peraturan perundang-undangan. Persyaratan khusus dan perubahan angka kredit dimaksud, adalah :

1. Persyaratan harus memiliki kualifikasi akademik doktor untuk menduduki jabatan akademik profesor (Pasal 48 Ayat (3) UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen).

2. Perubahan besarnya nilai angka kredit ijazah S1, S2 dan S3 yang diatur dalam Permenpan Nomor : PER/60/M.PAN/6/2005 tangga; 1 Juni 2005 tentang perubahan atas ketentuan lampiran I dan atau lampiran II Keputusan Menpan tentang jabatan fungsional dosen dan angka kreditnya.

Disamping itu, pada akhir-akhir ini terdapat pula bentuk-bentuk karya ilmiah baru yang secara eksplisit belum termasuk ke dalam salah satu kelompok karya ilmiah dalam Lampiran II Keputusan MENKO WASBANGPAN No. : 38/Kep/MK. WASPAN/8/1999, tanggal 24 Agustus 1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya, khususnya untuk unsur Melaksanakan Penelitian.

Pedoman ini dibuat dengan tujuan sebagai landasan operasional yang lebih rinci dan jelas bagi seluruh Perguruan Tinggi dan Tim Penilai Angka Kredit Dosen Tingkat Pusat dalam menilai angka kredit dosen untuk kenaikan jabatan fungsional dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar dengan berdasarkan pada seluruh peraturan perundang-undangan.

Surat Edaran 71936/A4/KP/2011

Surat Edaran Tentang Usulan Penetapan Angka Kredit Dan Kenaikan Jabatan

Oleh Webmaster – 15 January 2012 | 0 View

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian dan aspek ketenagaan secara terintegrasi dan selaras dengan kebijakan pangkalan data perguruan tinggi (PDPT), Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal dan Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional telah melakukan penilaian terhadap usulan penetapan angka kredit dan kenaikan jabatan Lektor Kepala dan Guru Besar dengan menggunakan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit (SIMPAK) mulai pengusulan 1 Juli 2011, sebagaimana surat Direktur Pendidik dan Tenaga. Kependidikan Nomor 1037/E4.3/2011 tanggal 5 Mei 2011. Untuk memperlancar pelaksanaan SIMPAK secara Online melalui laman : pak.dikti.go.id

Keterangan lebih lanjut dapat mengakses:

Surat Edaran Tentang Usulan Penetapan Angka Kredit dan Kenaikan Jabatan

Pedoman Operasional AK 2009

Oleh Webmaster – 15 January 2012 | 0 View

Standar, tata cara, dan prosedur penilaian angka kredit dosen untuk kenaikan jabatan fungsional dosen ke Lektor Kepala dan Guru Besar yang berlaku pada saat ini merupakan akumulasi hasil dari rangkaian proses panjang sejak dikeluarkannya Keputusan Menteri Negara Koordinator Bidang Pengawasan Pembangunan dan Pendayagunaan Aparatur Negara (MENKO WASBANGPAN) Nomor : 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999, tanggal 24 Agustus 1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya. Keputusan ini selanjutnya ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor : 61409/MPK/KP/99 dan Nomor : 181 Tahun 1999, tanggal 13 Oktober 1999 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Menteri Pendidikan Nasional telah pula mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 36/D/O/2001, tangal 4 Mei 2001 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Dosen, sementara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara juga mengeluarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: PER/60/M.PAN/6/2005, tanggal 1 Juni 2005, tentang Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Perubahan Atas Ketentuan Lampiran I dan atau Lampiran II Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya.

Keterangan lebih lanjut dapat mengakses:

Pedoman Operasional AK 2009

Validasi Karya Ilmiah

Oleh Webmaster – 15 January 2012 | 0 View

Menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2012 tentang Pencegahan dan Penanggulangan  Plagiat di Perguruan Tinggi dan terkait dengan karya Ilmiah yang dihasilkan di lingkungan Perguruan Tinggi, untuk usulan kenaikan jabatan akademik/fungsional ke jenjang Lektor Kepala/Guru Besar, untuk memastikan tidak terdapat pelanggaran norma akademik dan norma hukum sebelum usulan tersebut disampaikan, setiap karya ilmiah yang dimaksud terlebih dahulu harus divalidasi Tim Validasi pada Perguruan Tinggi/Kopertis yang bersangkutan dengan menggunakan format terlampir.

Validasi Karya Ilmiah

By pgsdumpurwokerto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s